Sabtu, 10 Oktober 2009

Proses Kerja Web

Saat ini penggunaan internet dikalangan masyarakat bukan lagi sesuatu yang dianggap tabu. Masyarakat pedesaan juga saat ini telah mengenal internet. Tetapi tahukah anda cara kerja dari teknologi web yang kita gunakan????

Saya akan sedikit menjelaskan cara kerja teknologi web yang saya ketahui.

  1. Sebelum mengetahui cara kerja web ada baiknya jika kita mengenal komponen – komponen yang sangat penting dalam proses kerja web.

· User/Pengguna merupakan orang yang secara langsung berinteraksi dengan komputer atau menggunakan internet.

· Web Browser Client merupakan suatu aplikasi perangkat lunak yang dijlankan pada komputer user / pemakai (client), untuk membantu user menempatkan pengalamtan web dan menghubungkan ke web server yang dicari serta menapilkan dokumen web di komputer user.

· Web Server merupakan suatu mesin / komputer server dimana menjadi tempat aplikasi atau software untuk beroperasi dalam mendistribusikan web page (alamat web) kepada user sesuai dengan permintaan user. Web server biasanya berisi kumpulan – kumpulan alamat website yang akan diakses user (database alamat web).

  1. Setelah mengetahui komponen penting yang terdapat dari proses kerja web. Sekarang saya akan menjelaskan cara kerjanya.
    • Kita sebagai user/pengguna menggunakan komputer dan akan melakukan proses internet-an pertama kali harus mengetahui alamat web apa yang akan kita buka, kita contohkan saja ingin membuka www.google.com . alamat yang akan kita cari tersebut kita ketikkan pada URL yang terdapat paling atas dan biasanya dituliskan address bar untuk internet eksplorer. URL (Uniform Resource Locator) merupakan penyeragaman tulisan halaman pada web browser. Penulisan alamat pada web browser dapat juga ditambahkan http://. http (hypertext transfer protocol) merupakan standarisasi alamat website. Sebenarnya hal ini tidak berpengaruh jika http:// atau www. Tidak dituliskan dalam pengalamatan web karena saat ini penulisan seperti google.com sudah bisa dikenali dan dapat dicari di dalam web server.
    • Setelah menuliskan pengalamatan yang dicari pada web browser dan ditekan ENTER. Maka web client melalui media jaringan (internet) dan melalui media http akan mengirimkan permintaan (request) pada web server untuk mencari alamat yang dimaksudkan. Pengiriman permintaan (request) akan melalui beberapa lapisan pada lapisan TCP/IP yang berfungsi sebagai perantara untuk mengatur jalannya komunikasi antara client dan server baik saat mengirim permintaan (requst) maupun saat mengirim respon dari server ke client.
    • Setelah pengiriman permintaan pengalamatan web sampai di komputer web server. Alamatan web yang dimaksudkan akan dicari di dalam kumpulan alamat web yang ada pada web server. Alamat web yang dimaksud kadang ditemukan dan kadang tidak ditemukan pada server. Ketemu atay tidak ketemu alamat web yang dicari,server akan mengirimkan respon (tanggapan) dari permintaan (request) client dengan melalui lagi lapisan TCP/IP kepada client. Jika halaman yang dicari ditemukan maka pada web browser akan menapilkan halaman yang dicari tersebut kepada user melalui tampilan komputer user. Dan jika alamat web yang dicari tidak ditemukan maka pada web browser akan menampilkan “404,Page Not Found” kepada user dan juga melalui layar komputer.


Sekian cara kerja web yang dapat saya jelaskan. Semoga hal ini bermanfaat untuk pembaca.


By:Suci Tirtasari Permana Putri