Jumat, 16 Oktober 2009

Aplikasi web untuk GIS

Banyak aplikasi web sekarang ini yang berkembang. Baik itu untuk pc atau pun untuk handphone. Dalam penjelasan ini saya akan mengambil contoh beberapa aplikasi yang digunakan dalam teknologi GIS (Geografi Informasi System). Aplikasi yang akan dibahas kali ini adalah aplikasi yang digunakan untuk handphone.

  1. Waze

Aplikasi Waze lebih mengarah ke layanan sosial networking yang memungkinkan pengendara untuk menentukan dan menggunakan peta digital secara online, memantau trafik lalu lintas secara real time, tetapi sekaligus berbagi momen dan informasi berharga ke sesama pengguna aplikasi via Twitter ( Road Tweets).

Selain itu aplikasi ini menawarkan layanan voice guide Turn by Turn, update peta, automatic rerouting hserta Google Local Search.

Disisi kompatibilitas, aplikasi ini sudah support untuk berbagai platform ponsel. Bisa Android,iPhone,Pocket PC maupun Symbian. Interfacenya juga cukup atraktif, disertai dengan peta khusus dan ikon unik. Saat ini terdapat versi beta. Tetapi versi beta ini hanya untuk wilayah amerika dan eropa saja.

Untuk mendapatkannya, kita dapat mengunjungi situs https://www.waze.com

  1. Zhiing

Aplikasi ini merupakan kombinasi dari Mobnotes dan Google Maps Latitude. Hal ini dikarenakan selain menawarkan kemampuan untuk memberikan lokasi seseorang dan tempat – tempat khusus, Zhiing juga menyediakan panduan turn – by – turn driving directions. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk ponsel saja tetapi juga dapat digunakan untuk pc.

Untuk mengirimkan info lokasi, bisa langsung melalui sms. Si penerima akan mendapatkan link lokasi serta ditel lokasi yang dikirimkan. Untuk ponsel yang sudah memiliki aplikasi peta digital, info lokasi bisa langsung ditampilkan. Termasuk panduan arah menuju lokasi.

Seperti halnya Google Map Latitude,rekan yang ingin melihat keberadaan anda memerlukan persetujuan terlebih dahulu. Jika sudah saling terkoneksi kita pun bisa menyembunyikan lokasi dari rekan kita. Aplikasi ini masih membatasi wilayah coverage datanya. Hanya untuk ponsel bersistem operasi Android,iPhone,Blackberry,Windows Mobile dan Symbian. Untuk mendaptkannya bisa di download ke https://www.zhiing.com/index.php

  1. Locle Mini

Seperti aplikasi sebelumnya Locle Mini juga berbasis location-based “friend finder” service alias LBS, dan terintegrasi dengan Google Maps untuk pemetaan lokasinya. Termasuk mendukung layanan jejaring sosial semisal facebook,Twitter,Netlog dan sebagainya.

Untuk berkomunikasi sesama teman aplikasi ini menawarkan pilihan e-mail,telepon, dan sms atau bisa juga mengomentari status rekan secara via locle Message. Untuk mendapatkan aplikasi ini dapat di download melalui ponsel ke m.locle.com atau melalui pc ke www.locle.com. Untuk mendapatkan aplikasi clientnya dapat mengunjungi https://www.getjar.com/products/29423/loclemini. (Suci Tirtasari Permana Putri).



sumber : Majalah Pulsa dwi mingguan edisi 164 TH VII /2009/7-20 oktober 2009