Sabtu, 17 Oktober 2009

OPERA MINI 5 BETA

WEB BROWSER “GENERASI TERDEPAN dari WEB BROWSING”
(task 2)



Opera mini bukanlah hal yang asing lagi di telinga masyarakat yang selalu melakukan browser di internet. Opera mini merupakan salah satu aplikasi browser yang selalu digunakan oleh pengguna browser. Opera mini dikembangkan oleh suatu perusahaan developer browser yang bernama opera. Opera mini tidak hanya aplikasi untuk komputer saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai aplikasi browser pada ponsel. Opera mini pada komputer saat ini sudah mencapai opera mini 10. Sedangkan pada ponsel opera mini baru mencapai pada versi dan generasi ke lima saja. Dalam hal ini mari kita lihat sekaligus membandingkan teknologi yang terdapat pada opera mini saat ini dan opera mini sebelumnya yang digunakan untuk ponsel.

Pada generasi ke lima - nya, sang developer opera mini tetap mengedepankan misi untuk fokus pada kategori mobile web browser dengan kecepatan tinggi meski via perangkat ponsel.opera mini versi ke lima ini merupakan pengembangan dan perbaikan dari opera mini versi sebelumnya. Opera mini versi terbaru ini tetap berusaha untuk memberikan pengalaman baru dalam menjelajah internet melalui ponsel.

Sebagai catatan, jumlah pengguna opera mini saat ini mencapai tiga puluh juta. Hal ini mendorong pihak opera untuk menambahkan beberapa perbaikan di versi terbarunya ini (versi 5 beta).

Dengan tampilan lebih smoot, plus tampilan loading awal dengan polesan warna hitam, Opera menyatukan speed dial bookmark dan tab sehingga menjadikan versi terbaru ini menjadi mobile browsing yang paling simpel untuk digunakan sedangkan opera mini versi sebelumnya hanya memiliki tampilan yang standar saja. Dalam artian bukan suatu tampilan yang menarik dan kecepatannya pun termasuk lama.

Opera mini 5 memiliki beberapa fitu – fitur unggulan. Antara lain disain tampilan yang halus dan segar, lebih intuitif, dan lebih enak dilihat oleh penggunanya. Ditambah lagi tabbed browsing, untuk menunjang kenyamanan berselancar di internet.

Tab yang dihadirkan pada generasi ke lima ini memungkinkan para penggunanya untuk membuka beberapa situs secara bersamaan cukup dengan mengklik ‘+” di pojok kanan atas. hal ini sangat jauh beda dengan aplikasi opera mini sebelumnya yang hanya bisa membuka satu halaman web saja.

Fitur dalam opera mini versi lima beta ini akan memudahkan pemindahan dari satu halaman situs kesitus lain dengan sekali klik. Misalnya saat pengguna mengupdate statunya di situs – situs jaringan social seperti facebook atau twitter.

Pengguna juga bisa membuka tab baru untuk mengakses beberapa hal sekaligus semisal membuka account email, mengakses google atau mencari berita – berita tertentu.

Selain itu opera mini ini juga tetap memberikan kemudahan pengoperasian fitur dengan sistem operasi browser touch screen ponsel ataupun ponsel berbasis keypad. Opera mini ini juga termasuk aplikasi browser dengan menggunakan perkembangan teknologi full html full browser. Sehingga aplikasi browser opera mini ini dapat digunakan pada smartphone. Selain dapat di gunakan pada smartphone AT & T juga menawarkan opera mini dengan full html untuk handphone yang bukan merupakan smart phone.

Untuk pengguna browser yang seing membuka situs yang memerlukan login tertentu, tidak perlu khawatir karena opera mini ini juga dilengkapi dengan Password manager.

Fitur - fitur ini berfungsi sebagai virtual memory bank. Sehingga dapat menyimpan secara aman semua password – password email, login ke situs jaringan social seperti Facebook dan Twitter login ke online banking dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan pula ditambahkan fitur speed dial.

Speed Dial ini menampilkan 9 thumbnail alamat website pilihan saat browser aktif. Sehingga dengan fitur ini akan mempercepat akses ke website yang paling sering dibuka. Hal ini memiliki fungsi yang serupa dengan opera mini yang digunakan pada komputer yang memiliki favorite website pengguna. Semakin sering pengguna membuka website yang sama semakin cepat opera mini akan mengakses web tersebut. Opera mini versi lima beta ini masih menggunakan platform java khususnya J2ME karena digunakan pada ponsel. Serta memakai memory sebesar 220,54 kb. Jika kita ingin mendapatkan aplikasi ini , kita hanya mengunjungi situsnya,yaitu http://www.opera.com. (Suci Tirtasari P.P)

Sumber : Tabloid Pulsa Dwi Mingguan Edisi 167 th VII/2009/7-20 oktober 2009